PEMBINAAN PERAN DAN FUNGSI KELUARGA

Tsa 05 Oktober 2024 16:05:48 WIB

Keluarga merupakan pondasi utama dalam membentuk karakter individu dan menciptakan masyarakat yang sejahtera. Peran serta fungsi keluarga tidak hanya sebatas memenuhi kebutuhan materi, tetapi juga mencakup aspek pembinaan moral, pendidikan, dan sosial yang berkelanjutan. Seiring dengan perkembangan zaman dan perubahan pola hidup masyarakat modern, pembinaan peran dan fungsi keluarga menjadi semakin krusial.

Atas dasar hal tersebut, Pemerintah Kalurahan Sumberwungu melaksanakan kegiatan Pembinaan Ketahanan Keluarga dengan materi fokus pada Pembinaan Peran dan Fungsi Keluarga. Pembinaan dilaksanakan pada Kamis (3/10) bertempat di Balai Kalurahan Sumberwungu dengan menghadirkan tiga narasumber. Sedangkan peserta yang hadir dari unsur Kader KB dan Kader Posyandu.

Kamituwa yang mewakili Lurah Sumberwungu mengatakan keluarga adalah tempat pertama seorang anak mendapatkan nilai-nilai kehidupan, pendidikan dasar, serta bimbingan moral. Dengan memperkuat fungsi keluarga, kita turut membangun masa depan bangsa yang lebih baik. Keluarga memiliki peranan penting dalam  membentuk generasi yang berkarakter dan berdaya saing global. Oleh karena itu kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kalurahan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Para peserta yang hadir diharapkan meneruskan materi yang didapat dalam pembinaan ini kepada masyarakat di lingkungan padukuhan masing-masing.

Kepala KUA Tepus yang menjadi narasumber menyampaikan bahwa pembinaan peran dan fungsi keluarga tidak bisa dilakukan secara instan. Diperlukan pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan, baik dari sisi pendidikan, penguatan nilai-nilai moral, hingga dukungan pemerintah dan masyarakat. Salah satu upaya yang terus dilakukan adalah memberikan pendidikan pranikah bagi pasangan yang akan menikah, sehingga mereka siap secara emosional dan mental untuk menjalankan peran sebagai orang tua.

Dengan memperkuat peran dan fungsi keluarga, diharapkan masyarakat Indonesia dapat tumbuh menjadi komunitas yang harmonis, di mana setiap individu memiliki pondasi moral yang kuat, sehingga turut berkontribusi dalam pembangunan bangsa yang lebih baik.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Media Sosial

YoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Layanan Pengaduan

LAYANAN PENGADUAN Ini adalah formulir pengaduan, silahkan sampaikan kritik maupun saran anda terkait Kalurahan Sumberwungu!